Kamis, 03 Maret 2011

Manusia dan Cinta Kasih


              Cinta merupakan suatu perkataan atau perasaan terhadap seseorang. cinta dimulai dari ketertarikan, keintiman, dan kemesraan. kata cinta sangat luas untuk diibaratkan, bisa cinta kepada orang tua, saudara, sahabat, cinta  kekasih, dan cinta kepada allah. contoh yang paling terlihat adalah hari valentine day, yang terkenal dengan hari kasih sayang yang tepat pada tanggal 14 ferbruari. Hari Valentine inipun telah dijadikan sebagai sebuah budaya di Negara-negara terutama bagian Barat. Sehingga Hari Valentine lebih sering diidentikan dengan dunia barat. Sedangkan valentine di islam itu tidak dibolehkan, padahal hari kasih sayang atau cinta kasih bisa kapan saja dan tidak harus dirayakan dengan valentine. 

             Cinta itu merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Penyayang. Begitu pula dengan kasih sayang yang sangat erat kaitannya dengan cinta. Berdasarkan arah pandanganya, cinta kasih manusia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
  1. Cinta kasih secara vertikal yaitu meliputi cinta kasih terhadap Tuhan sebagai sang pencipta, termasuk apapun yang berhubungan langsung dengan Tuhan itu sendiri. Seperti Cinta kasih terhadap Agama, Nabi, KitabSuci, Malaikat, dan lainnya.
  2. Cinta kasih secara horisontal yaitu meliputi cinta kasih terhadap lingkungannya. seperti Cinta kasih terhadap antar sesama Manusia, Alam, Hewan dan Tumbuhan.

0 komentar:

Posting Komentar

echa

COMMENT IA